Seminar Nasional Hima Misi Darmajaya Hadirkan Bukalapak

Seminar Nasional Hima Misi Darmajaya Hadirkan Bukalapak

<
>

Bandar Lampung –Himpunan Mahasiswa (Hima) Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (MISI) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya menggelar Seminar Nasional dengan menghadirkan Head Marketing Bukalapak.com, Bayu Syerli Rachmat di kampus setempat, kemarin (27/04).

Mengusung tema sukses menjadi dropshipper melalui bisnis online tanpa modal, kegiatan yang diikuti rastusan peserta umum, mahasiswa, dan pelajar di Lampung ini juga menghadirkan Executive Director of Bandung dan Jogja Digital Valley, Dibya Pradana, ST., MKom.

Bayu mengatakan, kemajuan teknologi informasi saat ini memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya, internet dapat digunakan untuk berwirausaha.

“Kalau dulu, untuk berwirausaha kita perlu modal besar dengan stok barang. Kita dapat berjualan dengan keliling mencari konsumen langsung atau sewa ruko. Kini, hal itu tak harus dilakukan. Melalui internet, kita bisa berwirausaha tanpa harus stok barang. Ketika ada pesanan, baru barang disiapkan. Pemasaran pun bisa dilakukan secara online ke penjuru negeri bahkan luar negeri,” terangnya.

Selain berjualan online, lanjut Bayu, ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menghasilkan rupiah melalui internet.

“Rugi kalau internet hanya kita gunakan untuk media sosial. Sekedar membuat status atau upload foto di Facebook, Instagram, dan lainnya. Ada banya cara menghasilkan uang dari internet, diantaranya menulis blog yang didaftarkan menjadi publisher google adsense, membuat video youtobe (youtober), affilliate marketing, membuka jasa menulis artikel, dan masih banyak lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana, Eko Noprianto menjelaskan, seminar nasional menjadi salah satu rangkaian Karnaval IT 6. Kegiatan lainnya yakni Kompetisi Cerdas Cermat Komputer yang diikuti 15 tim dan lomba desain website yang diikuti 10 peserta tingkat SMA/SMK se Lampung.

Adapula pelatihan sistem informasi geografis yang diikuti 70 mahasiswa jurusan Manajemen Informasi dan Sistem Informasi Darmajaya. Kemudian bazar produk dan malam puncak yang melibatkan komunitas IT dan seni di Lampung.

“Kami juga menggelar workshop nasional tentang mobile programming yang menghadirkan pembicara yakni Risky Saputra dari Indonesia Mobile Akademi,” tambahnya.

Mahasiswa semester IV jurusan Sistem Informasi ini berharap kehadiran pembicara nasional dapat memotivasi generasi muda di Lampung untuk sukses berkarya dan berwirausaha dengan pemanfaatkan teknologi informasi dengan optimal.(*)

Apakah berita ini menarik?